Minggu, 14 Februari 2016

Belajar Cara membuat Cas Aki

Cas Aki untuk Keperluan Rumah atau Bengkel

Para biker pro, bengkel bengkel sepeda motor maupun mobil, siswa siswa STM Elektro praktikum atau penghobby elektronika biasanya sangat familiar dengan peralatan cas aki (sebutan aslinya accu charger). Cas aki (accu charger) berguna sebagai alat pengisi ulang strom aki motor atau aki mobil disimpan untuk kelengkapan peralatan di rumah. Dengan memiliki cas aki di rumah, anda sedikit lebih tenang jika sewaktu-waktu aki yang ada pada kendaraan anda mengalami habis strom tinggal anda cas sendiri dirumah.

Sebenarnya cas aki  banyak yang sudah jadi atau siap pakai dijual di toko toko elektronik, namun tentunya harga lumayan mahal.  Dengan membuat sendiri cas aki tentunya lebih hemat dan menambah pengetahuan, jika anda siap langsung saja dipraktekan. Sebenarnya kita bisa saja membuat Cas aki dari Adaptor hanya saja untuk ukuran aki motor perlu ampere adaptor  rata-rata 3 s.d 5 Ampere, nah jika mempunyai adaptor dengan Trafo 5 Ampere anda bisa saja memodifikasi Adaptor menjadi Cas aki, hanya saja anda harus berani bongkar sedikit rangkaiannya, jangan menggunaan keluaran adaptor langsung untuk mengecas aki tersebut karena output dari adaptor biasanya sudah mendekati arus rata (DC) dengan tegangan yang hampir sama dengan Aki, pada dasarnya bisa namun sangat lambat ketika mengisi aki motor anda. Nah caranya bongkar Adaptor dan ambil tegangan positif nya setelah Dioda Bridge atau Kiproknya, Namun anda harus memastikan Tegangannya tidak melebihi 18 Volt.

Baca Juga : Modifikasi Listrik Alternator Mobil
                   Mengubah Tegangan Aki Menjadi Listrik 220V

Membuat cas aki untuk aki bertegangan 12 Volt :

1. Transformator (Trafo) CT 15 V / 5-10 Ampere (semakin besar semakin bagus) 
2. Dioda type 6A10 (6 Ampere) 2 buah atau yang  3 Ampere juga boleh.
3. Elektrolit Kondensator (Elko) ukuran 2200uf /25V 
4. Ampere Meter  0-15 Ampere
5. Fuse 5 Ampere serta rumah fuse (sekering) nya
6. Kabel tunggal serabut (warna Merah, Hitam dan biru)
7. Jepitan aki kecil atau sedang 1 pasang.

Peralatan Kerja :
1. Solder dan timah solder.
2. Tang Potong

Cara merakitnya lihat skema ala 

RANGKAIAN CAS AKI

dirakit seperti ini :

(maaf ada kesalahan pada gambar di atas, tegangan sekunder trafo adalah 15 Volt)

Jika memiliki trafo tanpa CT dapat dirakit menggunakan Diode Bridge (Kiprok) misalnya 35 ampere. seperti gambar dibawah ini
Skema Cas Aki sederhana

Pengetahuan dasar tentang Cas Aki

Maksud dari mengecas Aki  prinsipnya hanya membersihkan pelat aki dari sulfation dengan cara memasukan arus listrik agar pelat aki bersih kembali bukan mengisi arus atau tegangan kedalam aki (itu prinsip/teorinya). Bahwa tegangan dari cas aki tidak boleh dibawah atau sama dengan tegangan aki itu sendiri, tegangan keluaran dari cas aki harus lebih besar dari tegangan akinya agar arus dapat mengalir ke aki dan terjadi proses charging, contoh aki 12Volt harus dicas menggunakan cas aki dengan tegangan diatas 12Volt, biasanya keluaran dari cas aki dapat diatur menggunakan switch pengaturan keluaran tegangan, tetapi dalam hal ini anda dapat menetapkannya langsung dari 13Volt s/d  13,8 Volt.

Untuk mengetahui aki tersebut sudah terisi penuh dapat anda lihat dari pergerakan ampere meter, jika sudah mendekati penuh biasanya jarum penunjuk ampere akan mendekati 0. 
Dalam merakit cas aki ini harus hati hati jangan sampai pengkabelannya ada yang bersentuhan satu sama lain dan kabenyal terbungkus dengan aman.

Merakit cas ini boleh di atas wadah kayu / papan yang di potong dengan ukuran 10 x 15 cm, komponen nya dapat di lekatkan menggunakan lem kayu atau sejenisnya. Untuk trafo bisa langsung dipaku pada papan tersebut, gunakan solder dan timah solder untuk melakukan penyambungan antar komponen dan kabel,  Kemudian setelah selesai dapat ditempel di dinding dan aman dari jangkauan anak anak.

Hindari untuk tidak terlalu lama mengetes arus keluar cas dengan menyentuh nyentuhkan jepitan aki (+) dan (-) cukup singkat saja cukup dengan melihat percikan apinya, sebab jika terlalu lama dapat menyebabkan komponen seperti Trafo, diode atau fuse  putus.

Anda Juga dapat membuat Cas Aki Otomatis (Auto Accu Charger) yang dapat berhenti sendiri saat aki sudah terisi penuh dengan membaca artikel Membuat Cas Aki Otomatis (Fast Charge)

Demikian cara membuat cas aki sederhana, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar